Friday, May 27, 2016

Apa itu JavaFX

Hi guys, kali ini saya akan coba mencoba menjelaskan tentang JavaFX. Mungkin kalian udah pernah dengar sebelumnya tapi belum paham apa sih itu JavaFx atau malah belum pernah sama sekali. Maka dari itu saya akan coba menjelaskan apa sih itu JavaFX.
Seperti dijelaskan dari websitenya oracle :
JavaFX is a set of graphics and media packages that enables developers to design, create, test, debug, and deploy rich client applications that operate consistently across diverse platforms.
JavaFX adalah seperangkat grafik dan media yang memungkinkan developer untuk membuat, mengetes, mendebug dan mendistribusikan rich client application (aplikasi yang kaya dengan berbagai fitur seperti animasi, multimedia) yang beroperasi secara stabil di berbagai platform.

JavaFX adalah generasi selanjutnya dari toolkit Graphic User Interface (GUI) Java yang membolehkan developer untuk membuat aplikasi cross-platform yang komplit dengan cepat. Dibangun dari bawah ke atas, JavaFX mengambil manfaat dari GPU  modern melalui hardware-accelerated graphics saat menyediakan well-designed antarmuka pemrograman membolehkan developer untuk menggabungkan grafik, animasi, dan kontrol UI. JavaFx 8 terbaru adalah Java Application Programming Interface (API) murni. Tujuan utama JavaFX adalah untuk digunakan di berbagai perangkat, seperti embedded devices, smarthpones, TV, tablet dan desktop.

Apalagi di jaman sekarang yang serba canggih ini guys, user pasti akan selalu minta fitur yang macem-macem seperti tampilannya yang menarik, tombolnya bisa gini dan lainnya, sehingga developer dan designer sering harus berkerja bersama untuk mendesain aplikasi untuk memenuhi permintaan tersebut. Untuk itulah JavaFX menyediakan toolkit yang membantu keduanya baik developer dan designer untuk membuat aplikasi yang fungsional namun juga menyenangkan. Dan juga jika kalian membuat game, media player, atau biasanya aplikasi enterprise, JavaFX tidak hanya akan membantu dalam pembuatan aplikasi yang kaya, namun kamu juga akan mendapati bahwa API JavaFx dirancang sangat baik untuk meningkatkan produktivitas developer.

 Ini adalah history dari JavaFX



Release Date
Version
Platform
December 4th 2008
1.0
Windows and MacOS
February 12th 2009
1.1
Windows and MacOS
June 2nd 2009
1.2
Windows, MacOS, Linux, Solaris
April 22nd 2010
1.3
Windows, MacOS, Linux, Solaris
October 3rd 2011
2.0
Windows
April 27, 2012
2.1
Windows, MacOS
August 14, 2012
2.2
Windows, MacOS and Linux
March 18, 2014
8.0
Windows, MacOS and Linux
 


No comments:

Post a Comment